Keteladanan

Keteladanan-Orang tua adalah contoh terbaik bagi anaknya. Ungkapan ini memberikan suatu makna bahwa segala sikap, perilaku dan perbuatan orang tua sebagai pembimbing akan senantiasa dijadikan teladan bagi anak-anaknya. Berhubung mereka tinggal di Panti Asuhan maka yang menjadi contoh mereka adalah pengasuh Panti Asuhan dimana mereka tinggal, jadi orang tua mereka adalah pengasuh Panti Asuhan. Disadari atau tidak pada diri anak akan tercetak pribadi pembimbingnya.

Al Qur’an mendasarkan dengan tegas, pentingnya keteladanan yang baik dalam usaha membentuk kepribadian seseorang. Islam menyuruh umatnya untuk mempelajari tindak tanduk Rasulullah SAW untuk dijadikan teladan utama. Seperti tertuang dalam Qur’an Surat Al-Ahzab : 21, yang berbunyi : “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri tauladan yang baik”.

Berkaitan dengan masalah bimbingan keagamaan Islam bagi remaja, keteladanan orang tua memang diperlukan, misalnya dalam pelaksanaan ibadah orang tua harus memberikan teladan. Contohnya : orang tua harus memberikan teladan menjalankan sholat lima waktu secara tepat waktu. Begitu pula dengan ibadah-ibadah lainnya, seperti kebiasaan-kebiasaan membaca Al Qur’an.

Tidak ketinggalan pula dalam rangka membina akhlaq mulia dalam diri remaja, pengasuh tidak boleh lepas begitu saja, karena pada usia remaja inilah justru meminta perhatian lebih dari pengasuh mereka.

Oleh karena itu pengasuh Panti Asuhan harus benar-benar dapat memberikan contoh dan teladan tingkah laku dan perbuatan baik, agar mereka dapat menjadi insan yang berpribadi mulia.

Itulah tentang Keteladanan, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar